Kejati Lampung Tetapkan Assisten II Pemprov Edi Yanto Tersangka Korupsi Pengadaan Benih Jagung

Linkarutama.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menetapkan Asisten II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Edi Yanto, tersangka korupsi pengadaan benih jagung, pada Direktorat Jendral Tanaman Pangan yang dialokasikan untuk Provinsi.

Selain Edi Yanto, Kejati Lampung juga menetapkan dua tersangka lain, yaitu Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung, Herlin Retnowati, serta rekanan, Imam.

“Saksi yang diperiksa dalam kasus ini, sudah 25 orang dan alat bukti yang dimiliki penyidik adalah alat bukti saksi, ahli, surat dan petunjuk,” kata Kepala Kejati Lampung Heffinur, saat jumpa pers, Kamis (25/3/2021).

Kasus ini berawal dari program pemerintah pusat, untuk swasembada jagung tahun 2017 di Lampung

Kemudian pemerintah daerah mengajukan proposal kepada Kementerian Pertanian secara elektronik (E- Proposal).

Dari pengajuan itu, Provinsi Lampung mendapatkan alokasi anggaran berkisar Rp140 miliar, dengan syarat digunakan untuk belanja benih varietas hibrida (pabrikan) 60 persen dan benih varietas hibrida balitbangtan 40 persen.

“Kemudian PPK melaksanakan penandatanganan kontrak sebanyak 12 kontrak dalam lima tahapan kegiatan, dengan jenis benih varietas yang diadakan ada sembilan jenis benih varietas hibrida. Kemudian salah satu varietas yang diadakan adalah jenis benih varietas balitbang dengan merek BIMA 20 URI,” jelas Heffinur, dilansir Suaralampung.id.

Selanjutnya PPK menunjuk PT. DAPI yang mengaku sebagai distributor, yang ditunjuk oleh PT ESA sebagai penyedia varietas benih jagung Balitbangtan, dengan pelaksanaan kontrak sebanyak dua kali senilai Rp15 miliar.

Rencananya akan dialokasikan untuk lebih kurang 26 ribu hektare lahan tanam, dengan jumlah benih sebanyak 400 kg yang tersebar di Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Lampung Utara.

“Namun dalam proses penyidikan diperoleh fakta PT DAPI tidak pernah mendapatkan dukungan dari produsen jenis benih BIMA 20 URI. Ada pun yang terjadi didalam proses pengadaan, hanya proses jual beli antara PT DAPI dengan PT ESA dan dalam mengadakan benih varietas penyedia yang ditunjuk,” terang Heffinur.

PT DAPI mengadakan sendiri (membeli dari pasar bebas) sehingga kualitas daripada benih yang diadakan, menjadi tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan (sertifikat kadaluarsa atau sertifikat tumpang tindih).

Perkara ini berawal dari penyelidikan Kejaksaan Agung, dengan informasi awal yang tertuang dalam LHP BPK terhadap kegiatan Pemeriksaan Kementerian Pertanian RI.

Ditemukan adanya indikasi kerugian negara atas pekerjaan PT DAPI, karena benih melebihi batas masa edar atau kadaluarsa dan benih tidak bersertifikat senilai lebih kurang Rp8 miliar.

“Saat ini proses perhitungan kerugian keuangan negara, sedang dikoordinasikan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,” kata Heffinur.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Lampung Andrie W Setiawan menambahkan, perbuatan korupsi tersangka diduga telah merugikan negara sebesar Rp 8 miliar.

Terhadap diri yang bersangkutan, disangkakan pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 ayat (1), (2) dan (3) UURI No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UURI No.20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP Subsidair pasal 3 Jo Pasal 18 ayat (1), (2) dan (3) UURI No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UURI No.20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(ist/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *