Memupuk Rasa Kebersamaan dan Kerjasama, Kodim 0410/KBL Gelar Gebyar Lomba Kemerdekaan RI Ke-78

Linkarutama.com – Kodim 0410/KBL kembali menggelar Gebyar Lomba dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berbagai perlombaan mulai dari perlombaan anak-anak hingga perlombaaan Dewasa digelar di Markas Kodim 0410 Kota Bandar Lampung, Jum’at (11/8/2023), Sejumlah Prajurit, PNS, Persit dan anak-anak dari keluarga besar Kodim 0410/KBL mengikuti lomba lomba dengan gembira.

Dandim 0410/KBL Kolonel Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel.,MMDS, melalui Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendry Ginting S.I.P mengatakan, kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI ke-78 yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

“Jadi, gebyar lomba ini sengaja di gelar untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republi Indonesia yang ke-78,” kata Letkol Hendry di lokasi kegiatan, Jum’at (16/8/2022).

Secara umum, Letkol Hendry mengatakan tradisi-tradisi dari bangsa Nusantara ini tidak lepas dari nilai. Hampir semua yang menjadi kebiasaan masyarakat, memiliki nilai nilai luhur yang terselip di dalamnya.

“Karena itu tradisi-tradisi dalam lomba 17 Agustus itu juga pasti mengandung makna yang hendak diajarkan oleh sesepuh atau bahkan leluhur terdahulu kepada generasi saat ini. Makna-makna itu menjadi modal untuk diaktualkan dalam Gebyar Lomba saat ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, Pengemasan dalam bentuk permainan, bahkan dilombakan, menunjukkan kecerdasan para leluhur Nusantara dalam pola penanaman nilai-nilai tertentu kepada anak cucunya, sehingga generasi muda tidak merasa dipaksa mengerjakan, bahkan dilakukan dengan penuh keriangan serta kemeriahan.

Nilai umum lainnya dalam lomba lomba 17-an itu adalah memupuk kebersamaan dan budaya kerja sama yang menjadi fondasi utama saat bangsa kita dulu berjuang mengusir penjajah, tandasnya.(*/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *