Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Pekerja Seni Terdampak Pandemi #CintaKitaBersama

Linkarutama.com – Bagian kabar baik bagi para pekerja dan industri hiburan khususnya subsektor seni musik di Tanah Air. Gerakan solidaritas sosial bagi pelaku dan industri hiburan

Untuk bagian sektor paling terdampak pembatasan mobilitas tekan laju penularan COVID-19, yang bertagar judul lagu subyek donasi tematik ini, #CintaKitaBersama, lahir.

Eventori, platform kolaborasi industri hiburan terbesar di Indonesia, bekerja sama dengan Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO), menggagas ide kreatif bakti kemanusiaan ini dalam even virtual Peluncuran Gerakan #CintaKitaBersama, Kamis (19/8/2021) kemarin.

Hadir CEO Eventori Rio Abdurrachman, Ketua Umum IMARINDO, Nanda Persada; penyanyi asal Bali Cinta Wirawan; turut memberikan pidato sambutan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga didampingi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; dan Plt Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi.

Gerakan #CintaKitaBersama adalah inisiasi monetisasi video musik “Kita Bersama” dari Cinta Wirawan di media sosial berbagi video YouTube, yang hasilnya akan didonasikan bagi pekerja hiburan terdampak pandemi.

Cara berpartisipasinya terhitung sederhana. Cukup dengan menonton video musik “Kita Bersama” yang dibawakan Cinta Wirawan. Setelah itu pihak Eventori dan IMARINDO akan mengonversi view di YouTube menjadi sejumlah rupiah yang akan dibagikan ke para pekerja industri hiburan terdampak pandemi.

Dalam periode satu bulan, kurun 19 Agustus hingga 19 September 2021, inisiasi gerakan diharapkan mampu mengumpulkan minimal satu juta view sehingga ditargetkan meraup dana tunai Rp50 juta yang akan dibagikan berbentuk bantuan pekerja industri hiburan.

CEO Eventori, Rio Abdurrachman menyebut, di tengah kesulitan masih ada musisi yang membuat lagu, pembuat film memproduksi gambar di layar, serta beragam pertunjukan hijrah ke media digital.

“Namun tidak semua merasakan peluang yang sama. Banyak dari pekerja industri hiburan yang kehilangan pekerjaan, punya problem kesehatan, dan masih banyak lagi,” ungkap Rio.

“Ide awalnya datang dari Cinta Wirawan sebagai talent Eventori yang tinggal di Bali. Cinta sedih dan resah melihat Pulau Dewata yang sepi akibat pandemi. Dia lihat sendiri ayahnya, seorang wedding organizer yang sepi job, harus berjuang dengan segala cara pertahankan kondisi ekonomi keluarga. Cinta kemudian berdiskusi dengan kami dan dari diskusi itu lahirlah ide gerakan ini,” ujarnya.

Menteri Sandiaga mengapresiasi gerakan ini. Berpidato sambutan sebelum Rio, Sandiaga mendukung gerakan #CintaKitaBersama sebagai bentuk solidaritas bagi para pelaku dan industri hiburan di Tanah Air. Terlebih industri hiburan salah satu sektor industri paling terdampak pembatasan mobilitas untuk menekan laju penularan COVID-19.

Menteri berpengikut 7,9 juta akun Instagram dan 694 ribu subscribers akun SandiunoTV di kanal YouTube ini menjelaskan, subsektor musik jadi salah satu subsektor potensial di industri hiburan. Dia mengutip buku Outlook Pariwisata 2020/2021, kontribusi subsektor musik kepada PDB nasional 2020 sebesar Rp5,98 triliun. Sementara, proyeksi jumlah orang bekerja di subsektor musik sebanyak 63.676 orang. Ini menunjukkan kontribusi subsektor musik di Indonesia sangat besar.

“Kemenparekraf berupaya maksimal dalam lakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi sebagai salah satu pilar upaya menekan penyebaran COVID-19 dengan terbentuknya herd immunity. Sehingga Indonesia bisa merdeka dari pandemi, bangkit secara ekonomi, tercipta kembali lapangan kerja, dan terwujudnya keadilan ekonomi,” kata dia.

Menebar aura positivisme-optimisme, “Kita bisa lewati situasi ini dengan kedepankan gotong-royong dan empati hingga ekonomi bisa bangkit kembali,” ujar Sandiaga, disitat dari keterangan pers kementerian, Kamis.

“Saya menyampaikan terima kasih untuk semua rekan-rekan musik di Indonesia, karena semangatnya yang tanpa kenal lelah. Ini bukti bahwa kita punya talenta-talenta yang bisa bersaing di dunia. Semoga kegiatan ini menginspirasi musisi daerah dalam berkarya, dukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melanjutkan pembangunan Indonesia,” kata Sandiaga Uno.(net/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *