UIN RIL Kukuhkan Prof.Dr.H.Arsyad Sobby Kesuma,LC,.M.Ag Jadi Guru Besar

Linkarutama.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengukuhkan 9 dosen menjadi guru besar dalam Sidang Senat Terbuka.

Pengukuhan berlangsung secara luring di Ballroom kampus setempat serta disiarkan secara Live melalui kanal Youtube UIN dan TVRI Lampung, Sabtu (7/10/2023).

Salah satu dari sembilan guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. H.Arsyad Sobby Kesuma, LC,M.Ag, yang merupakan guru besar bidang ilmu pemikiran politik Islam yang menyajikan orasi ilmiah ” Urgensi Etika Politik Islam dalam Tata Kelola Good Governance di Indonesia.

Sembilan guru besar dari berbagai rumpun keilmuan berbeda tersebut dikukuhkan oleh Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD yang disaksikan oleh sivitas akademika UIN RIL, para tamu undangan, serta tokoh-tokoh penting.

Pengukuhan dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag) RI, Prof Dr H M Ali Ramdhani STP MT.

Dalam sambutannya, Dirjen Pendis mengajak para guru besar agar bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi besar dalam memperoleh gelar jabatan tertinggi akademik di perguruan tinggi, terutama kepada ibu.

“Di belakang seorang yang luar biasa itu ada orang yang hebat, dia yang melahirkan kita, dia adalah ibu kita,” ucapnya.

Dia menuturkan, penelitian ilmiah menyebut bahwa 85% tubuh kita terdiri dari air, dan penyumbang utama air di tubuh kita adalah ibu kita. Yaitu, air ketuban, air darah, air susu, air keringat, hingga air mata seorang ibu yang mengiringi kesuksesan seseorang.

Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Ali Ramdhani saat memberikan sambutan pada Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar UIN RIL
Guru besar, ujar Dirjen Pendis, adalah jabatan fungsional tertinggi di perguruan tinggi. Guru besar adalah penghargaan dan pengakuan atas dedikasi dan prestasi yang luar biasa.

“Tentu saja tidak sekedar penghargaan tetapi tantangan yang lebih besar. Maka berhati-hatilah dalam bertutur dan bersikap. Setiap kata dari guru besar adalah ilmu, dan perilaku kita adalah teladan,” terang Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati tersebut.

Guru besar yang dikukuhkan ini, ungkapnya, menggenapkan angka guru besar yang berada di UIN Raden Intan Lampung jumlahnya menjadi 39, angka yang sungguh luar biasa.

Usai dikukuhkan, para guru besar melakukan orasi ilmiah dihadapan para hadirin. Hal itu penting dilakukan agar masyarakat mengetahui isi dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

Adapun Profil Rektor Dr.H.Arsyad Sobby Kesuma,Lc.,M.Ag adalah sebagai berikut:

Nama Lengkap (dengan gelar): Dr. H. Arsyad Sobby Kesuma, Lc.,M.Ag.

Tempat/Tgl Lahir: Tanjung Karang, 23 Agustus 1958.

Agama: Islam
Pendidikan Terakhir : S3.

Perguruan Tinggi Terakhir: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Alamat: Jl. Imam Bonjol Gg. Durian No. 2 Gedong Air Tanjung Karang Barat.

Bidang Keahlian : Seni Budaya Islam (Kaligrafi) / Pemikiran Politik Islam.

Kejuaraan yang pernah diraih pada MTQ/ STQ : Daerah/Regional : Juara 1 MKhQ (Naskah)
Nasional : Juara 3 MKhQ (Naskah).

Pengalaman sebagai Hakim MTQ/ STQ : a. Daerah/Regional : Hakim MKhQ dari tahun 1986 – 2019.

b. Nasional : Hakim MKhQ tahun 2012, 2014, 2016 dan 2018.

Pengalaman sebagai pelatih: a. Tahun 2000 s.d. tahun 2019 di Provinsi Lampung.

b. Tahun 2004 s.d. tahun 2019 di berbagai Kabupaten/ Kota di Provinsi Lampung.

c.Tahun 2012 s.d. tahun 2013 di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

d. Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat Pernah mengikuti Orientasi Dewan Hakim : a. Daerah: Tahun 2009 di Bandar Lampung.

b. Nasional: Tahun 2011 di Jakarta
NO JENJANG INSTITUSI.

1 S1 University Of Madinah.

2 S1 IAIN Raden Intan Lampung.

3 S2 UIN Sunan Ampel Surabaya.

4 S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.(*/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *