Korem 043/Gatam Gelar Vidcom Taklat Awal Wasrik Itdam II/Sriwijaya

Linkarutama.com – Kegiatan yang berlangsung di Ruang Puskodal Korem 043/Gatam merupakan Video Cinference (Vidcon) Taklimat Awal Wasrik ITDAM II/SWJ dalam Rangka Wasum ITDAM TW. II TA. 2020 yang dipimpin Irdam II/SWJ Kolonel Inf Yusman Madayun yg diikuti 25 orang. Pada, Jumat (17/4/2020) berlangsung di ruang Ruang Puskodal Makorem 043/Gatam Jl.Teuku Umar No.85 Kelurahan Penegahan Kecamatab Kedaton Bandar Lampung.

Komandan Resort Militer (Danrem) 043/Gatam Kolonel Inf Taufik Hanafi mengatakan bahwa, sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa kegiatan Vicon Taklimat Awal Wasrik Itdam I1/Swj ini diikuti oleh seluruh Para Komandan Satuan dan Para Perwira Staf Jajaran Korem 043/Gatam. Untuk Para Dandim dan Danyonif 143/TWEJ melalui Vicon di satuan masing-masing , untuk para Komandan Satuan Dinas Jawatan dan
Para Perwira Staf Jajaran Korem 043/Gatam berada di Makorem 043/Gatam.

Menurut Danrem, kita ketahui, bahwa fungsi kontrol (pengawasan) merupakan bagian dari manajemen modern yang memiliki peran sangat penting dalam memelihara arah dan stabilitas perputaran organisasi, sehingga
khususnya di lingkungan satuan Jajaran TNI dapat dilaksanakan lebih optimal ,ujarnya.

Kemudian, pencapaian sasaran tugas pokok mengingat pentingnya fungsi pengawasan bagi optimalisasi kinerja satuan dalam pengelolaan program dan anggaran, ujarnya.

“Saya mohon bimbingan,arahan,koreksi dari Tim Wasrik Itdam II/Swj pada Satuan Jajaran Korem 043/Gatam, sehingga prinsip Ketaatan dan Kepatuhan terhadap Aturan serta Efektivitas, Efisiensi dan Ekonomis ( 2K3E) dalam penggunaan anggaran dapat diimplementasikan dalam program yang transparan, akuntabel dan dapat bermuara kepada penganggaran yang dapat dipertanggungjawabkan, jelasnya.

Maka itu, kepada Staf Umum dan Satuan Jajaran Korem 043/Gatam, saya sangat berharap dapat memberikan informasi dan data yang diperlukan Tim Wasrik Itdam II/Swj, sehingga pelaksanaan kegiatan wasrik dapat dilakukan sesuai dengan harapan, kata Danrem 043 Gatam Kolonel Inf.Taufik Hanafi.

Kemudian, jika terdapat permasalahan yang belum dipahami terkait implementasi dari peraturan dalam pengelolaan program dan anggaran agar ditanyakan atau dikoordinasikan, sehingga ke depan diperoleh peningkatan kualitas kinerja dalam pengelolaan program dan anggaran, harapnya.

” Kepada Tim Wasrik Itdam I1/Swj, dengan kami persilahkan untuk melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di Staf
Umum dan Satuan Jajaran Korem 043/Gatam,” jelas Danrem.

Jika nantinya ditemukan adanya penyimpangan mohon dapatnya diberikan arahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan begitu maka, diharapkan tidak akan menjadi temuan pemeriksaan, eksternal yang akan datang, tambahnya.

Sementara, dalam sambutan Vicon Irdam II/ SWJ mengatakan bahwa, bagi peserta sekalian bahwa hasil pemeriksaan BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan dan TNI tahun 2018 termasuk didalamnya laporan keuangan Kodam II/SWJ mendalatkan Openi wajar Tanpa pengecualian (WTP), ujarnya.

Menurutnya, meski ada penekanan seperti, penataan aset tetap dalam aplikasi simak BMN masih belum memadai.

Contohnya,penatausahaan persedian yang belum memadai, pengelolaan hibah yang belum tertib.

Kemudian, pengguanaan PNBP pada FKTP tanpa melalui mekanisme APBN. Pengelolaan keuangan belum sesuai dengan ketentuan penatausahaan BMP belum memadai, pengadaan belanja barang dan modal belum sesuai ketentuan.

Kemudian, pertanggungjawaban BPD tidak sesuai kondisi sebenarnya, pemanfaatan BMN belum sepenuhnya sesuai ketentuan, kesalahan klasifikasi belanja barang dan belanja modal.

Penekanan selanjutnya seperti, pengadaan alusista melalui FOREIGN MILITARY SALES (FMS) yang masih belum sepenuhnya sesuai ketentuan,urainya.

Kegiatan Vidcom dihadiri langsung Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufik Hanafi, para Kasi Korem 043/Gatam, para Dan/Ka Satdisjan Korem 043/Gatam, para Kabalak Korem 043/Gatam.(rls/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *