20 Tenaga Kerja Asal Lampung Dari Muntok Bangka Belitung Dinyatakan Negatif

Linkarutama.com – Sebanyak 20 orang tenaga kerja asal Lampung yang tiba dari Muntok Bangka Belitung melalui pelabuhan Tanjung Siapi Api Sumatera Selatan dinyatakan “Negatif” covid-19 hasil rapid test di asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung, Jum’at (1/5/2020).

Kepala Bidang Penempatan dan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Drs.H.Tibransyah.MM mewakili Kepala Dinas Lukmansyah mengatakan bahwa, sebanyak 20 orang tenaga kerja yang tiba sejak Pukul.7.00.WIB dan dilakukan rapid test kira kira pukul 8.30.WIB semua hasilnya “Negatif” covid-19.

“Hasilnya Negatif 20 tenaga kerja yang tiba dari Bangka Belitung melalui pelabuhan Tanjung Siapi Api,”kata Tibransyah.

Menurutnya, setelah dilakukan rapid test maka akan dilakukan persiapan kepulangan ke daerah masing masing namun, tetap harus mengikuti protokol kesetahan seperti isolasi mandiri dirumah selama 14 hari kedepan, tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan surat Rekomendasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tentang kepulangan tenaga kerja/warga Lampung dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebanyak 20 warga asal Lampung dipulangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung Kamis (30/4/2020) malam.

Surat rekomendasi tertuang dengan nomor.560/1407/V.8/2020 tertanggal 30 April 2020.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Lampung, Lukmansyah mengatakan, ini hasil kerja keras instansi terkait turut mempermudah pemulangan 20 para pekerja asal Lampung yang bekerja di Muntok Bangka Belitung hingga mereka semua dapat kembali pulang kekampung halaman mereka masing-masing.

“Koordinasi kami selalu intens bersama Dinas Perhubungan, Kadiskes, Karo Kesra dan Plt Kadinsos Provinsi Lampung selain Pemprov Lampung Bapelkes dan pihak pemerintah Sumsel,” kata Lukmansyah melalui pesan singkat WhatsApp kepada Linkarutama.com, Kamis (30/4/2020) malam.

Menurut Lukmansyah, diperkirakan seluruh tenaga kerja tersebut yang dijemput menggunakan Bus AC Damri dari pelabuhan Tanjung Siapi Api Sumatera Selatan.

Kemudian, sebelumnya ke 20 tenaga kerja tersebut diberangkatkan dari Muntok Bangka Belitung hingga di Pelabuhan Tanjung Siapi Api, akan tiba menuju Islamic centre Bandar Lampung diperkirakan pukul 01.30 WIB untuk istirahat.

” Nantinya langsung akan dilakukan Rapid test oleh Tim di Islamic centre. Bila negatif maka bisa langsung kembali kerumah untuk isolasi mandiri selama 14 hari, ujar Lukmansyah.

Diketahui, dari 20 tenaga kerja asal Lampung yang tiba misalnya, Muhzin warga dengan nomor NIK KTP.180218170.66.30006 dan Aris Sovian dengan nomor NIK KTP 150527280799.0002 warga Tulang Bawang.(her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *