64 Personel Marinir Dinyatakan Sembuh, Setelah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Usai Laksanakan Tugas Negara

Linkarutama.com – Komandan Brigif 4 Marinir/BS terus melakukan berbagai upaya untuk memutus penularan Covid-19 di lingkungan Brigif 4 Marinir/BS. Selain isolasi mandiri bagi Prajurit yang dinyatakan positif, penerapan protokol kesehatan pun dilakukan secara ketat dalam setiap kegiatan dan melaksanakan Swab Rapid Antigen Covid-19 terhadap Prajurit. Jum’at (20/11/2020).

Terkait hal tersebut, Kolonel Marinir Nawawi membenarkan bahwa terdapat puluhan prajuritnya dinyatakan posotif Covid-19. Para prajurit ini dinyatakan positif Covid-19 usai melaksanakan tugas Pengamanan unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di Ibu Kota.

“Ya benar bahwa prajurit kami ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 sepulangnya dari menjalankan tugas negara di Jakarta tanggal 15 sampai 21 Oktober 2020,” ungkapnya.

Usai pengamanan, 22 Oktober 2020 seluruh prajurit Brigif 4 Marinir/BS kembali ke Lampung dengan menggunakan KRI Semarang 594 dan merapat di Dermaga Panjang. Setiba di Satuan masing-masing (Yonif 7 dan Yonif 9 Marinir) langsung dilaksanakan rapid test, dengan hasil dari 600 personel, terdapat 3 personel reaktif kemudian ditindaklanjuti dengan test Swab dan hasilnya positif Covid-19.

Selanjutnya pada akhir Oktober terdapat laporan beberapa personil bergejala seperti demam, ngilu dan sebagian prajurit merasakan hilang indra perasa.

Menanggapi laporan tersebut, Brigif 4 Mar/BS berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran untuk kembali melaksanakan rapid test dan Swab pada awal November 2020. Dari test Swab/PCR tanggal 05 November 2020 terdapat 52 personel positif Covid-19, sebagian besar Orang Tanpa Gejala (OTG).

Lanjut, pada tanggal 10 November 2020 hasil Swab/PCR terdapat 12 personel positif Covid-19, sehingga total sejumlah 64 personel yang dinyatakan positif Covid-19 dengan kondisi sebagian besar OTG.

“Sebanyak 64 personel yang positif Covid-19 langsung melakukan isolasi mandiri yaitu makan tersendiri, apel tersendiri dan kegiatan tersendiri, dipisahkan dengan personil yang sehat. Meski demikian, kami terus memantau dan memastikan kondisi Prajurit dengan menerapkan 3T (Tracing, Tes dan Terapi),” tegas Danbrigif 4 Mar/BS.

Untuk saat ini, kondisi 64 personel yang terkonfirmasi positif Covid-19 per tanggal 18 November 2020 sudah membaik secara fisik, tidak ada lagi gejala yang dirasakan. Selama masa isolasi seluruh personel diberi Vitamin tambahan berupa Vitamin C dan Vitamin imunitas/herbal.

Untuk memastikan kembali kondisi para personel dan juga keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19, pada Jum’at (20/11/20) Brigif 4 Mar/BS kembali melakukan SWAB PCR.

Namun, karena adanya keterbatasan alat Swab PCR di Provinsi Lampung, Brigif 4 Mar/BS berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Korps Marinir Kolonel Laut (K) Aryo Bintoro SP.U. untuk melakukan Swab PCR kepada seluruh personel dan keluarga.

“Alhamdulillah pada hari ini (Jumat 20/11/20) kami melakukan Swab Rapid Antigen Covid-19 terhadap prajurit positif beserta keluarganya yang berjumlah 148 personel, dan hasil tidak ada satu-pun yang dinyatakan positif Covid-19,” pungkas Kolonel Marinir Nawawi.(rls/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *