PTPN VII Perusahaan Perkebunan Terbaik Versi BPS Provinsi Lampung

Linkarutama.com – PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) dinilai paling kooperatif dalam penyediaan data perkebunan. Penilaian itu disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung saat menyerahkan piagam penghargaan sebagai Perusahaan Perkebunan Terbaik di Lampung versi BPS Tahun 2020 di Kantor Direksi PTPN VII Bandarlampung, Jumat (27/11/2020).

Piagam yang ditanda tangani Kepala BPS Lampung Faizal Anwar itu diserahkan Kabid Data Statistik Produksi BPS Lampung Dwiyana Suharyati kepada Senior Vice President (SEVP) Operation I PTPN VII Fauzi Omar.

Dalam pengantarnya, Dwiyana mengatakan, tugas BPS di masa pandemi Covid-19 ini mendapat kendala karena ruang gerak untuk croscek data atau pengambilan data secara fisik kepada responden menjadi terbatas sebagai antsipasi penyebaran virus.

“Kami sangat terbantu dengan langkah PTPN VII yang secara disiplin menyampaikan data melalui aplikasi BPS online dan terintegrasi. Kami menilai PTPN VII paling leading dalam hal ini. Oleh karena itu, kami berikan penghargaan terbaik kepada PTPN VII,” kata Dwiyana yang didampingi Dhyantanu Harsa, Kasie Statistik Pertanian dan M. Ilham, Statistisi Ahli Madya BPS Lampung.

Dwiyana mengapresiasi PTPN VII yang dari tahun ke tahun konsisten memberikan data ke BPS dengan baik. Respons perusahaan yang proaktif terhadap pemenuhan data kepada BPS juga melahirkan apresiasi berupa penghargaan.

Lebih dari sekadar penghargaan, kata Kabid bergelar Magister Manajemen ini, data yang diolah BPS dan kemudian disajikan akan menjadi acuan pemerintah dalam menentukan arah kebijakan pembangunan bangsa.

Sementara itu, SEVP Operation I PTPN VII Fauzi Omar menyampaikan terima kasih atas apresiasi BPS Lampung kepada PTPN VII.

Fauzi mengatakan, soal data, pihaknya tidak akan main-main dalam penyajian. Sebab, kata dia, dengan rentang kendali direksi ke unit-unit kerja yang berada di Lampung, Sumsel, dan Bengkulu, data adalah instrumen sangat vital.

“Kami sampaikan terima kasih kepada BPS Provinsi Lampung atas penghargaan yang diperoleh PTPN VII dalam dua tahun berturut-turut ini.
Bagi kami, data adalah instrumen sangat penting dalam pengendalian proses. Sebab, dari data itu kami mengambil kebijakan. Bahwa BPS memberi apresiasi, itu bonus yang menguatkan” kata Fauzi yang didampingi Sekretaris Perusahaan PTPN VII Bambang Hartawan dan Kassubag Sekretariat dan Pengelolaan Informasi Hendrik Sastrawan.

Tentang infrastruktur teknologi informasi data digital, Sekretaris Perusahaan Bambang Hartawan mengatakan, PTPN VII telah memiliki ERP (enterprise resources planning), aplikasi e-office hingga dashboard management.

“Sejak dua tahun yang lalu, kami telah mengimpelentasikan sistem informasi data terintegrasi ERP (enterprise resources planning), aplikasi e-office hingga dashboard management.

Jadi, hampir semua kerjaan pelaporan sudah terhubung secara online. Nah, saat ada pandemi Covid-19 dan kami harus melaksanakan WFH (work from home, bekerja dari rumah), infrastruktur kami sudah siap dan hampir tidak ada kendala yang berarti,” kata dia.

Piagam yang diterima PTPN VII dari BPS Provinsi Lampung adalah penghargaan sebagai Perusahaan Perkebunan dengan Predikat Terbaik di Provinsi Lampung dalam Ketepatan Waktu dan Kelengkapan Data Statistik Perkebunan Tahun 2020. Mendapat apresiasi ini, Bambang mengajak semua insan PTPN VII untuk agar meningkatkan kinerja dan melaporkan setiap pergerakan data dengan akurat, cepat, dan kontinu.(rls/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *