Pemprov Lampung Menggelar Sosialisasi P3DN Bagi Pelaku IKM Di Baradatu Waykanan

Linkarutama.com – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung menggelar sosialisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Baradatu, Kabupaten Waykanan, Kamis (10/11/2022).

Di era saat ini produk-produk impor sangat menguasai pasar industri dan perdagangan secara nasional. Dengan harga yang kompetitif, maka, produk impor menjelma sebagai produk yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Kepala Dinas Perindag Provinsi Lampung Elvira Umihanni yang diwakili Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Industri Indrawati, SE, MM, mengatakan, hal tersebut tentu menjadikan kekhawatiran akan pertumbuhan industry di Indonesia. Bukan tidak mungkin pertumbuhan industry di Indonesia akan mengalami penurunan dikarenakan dampak tersebut.

Menurutnya, diperlukan kebijakan pemerintah untuk membatasi produk impor tersebut guna menjaga stabilitas pertumbuhan industry dan ekonomi Indonesia.
Dalam hal ini Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan tentang peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, ujarnya.

” Ya, tujuannya tentu meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan utilisasi nasional yang pada akhirnya meningkatkan efisensi industry sehingga mampu bersaing dipasar Dunia dan mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja pemerintah, meningkatkan kesempatan kerja, serta penghematan devisa negara,” kata Indrawati, mewakili Kepala Dinas.

Saat ini, Pemerintah terus mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) serta memperbesar tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk mewujudkan kemandirian sector industry dalam negeri.

Melalui kebijakan lokal content diharapkan industry dalam negeri semakin berdaya saing dikancah global, serta mampu terus menopang perekonomian nasional.

Indrawati menegaskan bahwa, kegiatan ini tentu berdasarkan Dokumen perubahan pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPPA SKPD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Tahun 2022 Nomor : DPA SKPD : 3.31.3-30.0-00.02.01 tahun 2022.

Diketahui, kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) bagi IKM, bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada peserta mengenai kebijakan pemerintah terkait peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).

” Kita berharap akan membuat industri lokal mampu bersaing dan jga mampu menopang perekonomian daerah maupun nasional,” tambah Indrawati.

Dia menuturkan bahwa, sasaran dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) seperi, meningkatnya pemahaman peserta mengenai kebijakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN),
meningkatnya jumlah pelaku usaha khusunya IKM yang telah memiliki user pada katalog lokal.

Untuk pemaparan sosialisasi tentunya dibuat agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh peserta, dimana paparan terdiri dari,
dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),
Implementasi Katalog Lokal di Provinsi Lampung,
Tata cara penilaian Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN).

Maka, lanjut Indrawati,selaku narasumber materi pada sosialisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Bagi IKM dan Pembina Kabupaten/Kota.

Diketahui, Indrawati menyampaikan materi terkait dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Kemudian, Dodi Hendrawan, S.E., M.E. Kepala Bagian LPSE Biro Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Lampung menyampaikan materi Implementasi Katalog Lokal Di Provinsi Lampung.

Lalu, Jon Elpin, Project Manager PT. Sucofindo (persero) Cabang bandar Lampung menyampaikan materi Tata cara penilaian Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN).

Sosialisasi dihadiri oleh peserta berjumlah 25 (dua puluh lima) orang yang merupakan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang berpotensi dalam penyediaan brang/jasa pemerintah.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) bagi IKM berlangsung selama 1 (satu) hari pada, Kamis (10/11/2022) di Hotel Grand Livira, Baradatu, Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan sosialisasi di laporan melalui ketua panitia Penyuluh Industri ahli pertama Andri Ladipal, S.Sos.
Kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan oleh Sumadio selaku Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan.

” Untuk Kabupaten Waykanan, pemahaman P3DN oleh IKM masih rendah. P3dn memberikan kesempatan emas bagi IKM untuk dapat berpartisipasi sebagai penyedia pada pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata dia.(*/her)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *